2 Februari 2015

Bila Silikon Mesin Absensi Sidik Jari Tidak Bisa Berfungsi

Hari ini, saya punya masalah dengan mesin absensi sidik jari di kantor yang tidak lagi dapat berfungsi dengan baik untuk membaca sidik jari hampir semua karyawan. Mesin absensi sidik jari yang kami gunakan adalah IPASS 280 dengan pemindai silikon. Setelah saya perhatikan ternyata silikon pemindai terlihat sudah terlalu kotor karena kurangnya perawatan atau dibersihkan dengan cara yang salah.

Saya coba menghubungi pihak penyedia mesin absensi IPASS 280 tersebut, tetapi saya mendapatkan jawaban yang sangat tidak memuaskan yaitu spare part tidak tersedia, dengan demikian tidak bisa diperbaiki maka diberikan saran untuk mengganti atau membeli mesin absensi baru.

Terus terang saya sangat kecewa dengan pihak penyedia mesin absensi tersebut karena tidak memiliki layanan perbaikan dan hanya bisa menjual saja. Maka saya sangat sarankan untuk perusahaan-perusahaan yang ingin membeli mesin absensi akan lebih baik ditanyakan dulu layanan /dukungan apabila terjadi masalah dengan mesin absensi yang akan dibeli, jangan sampai kejadian seperti saya.

Karena masalah dengan silikon mesin absensi yang telah saya alami ini, saya mencoba mencari tahu bagaimana caranya membersihkan silikon mesin absensi dengan om GOOGLE. Saya juga telah mencari apakan ada spare part berupa silikon untuk mesin absensi tersebut, tetapi saya tidak menemukan apa pun alias tidak ada yang menjual spare part silikon mesin absensi tersebut. Dan menurut om GOOGLE, ternyata untuk membersihkannya cukup dengan menempelkan isolatip atau plakban ke atas silikon mesin absensi lalu ditarik dengan harapan bahwa kotoran akan terlepas dari silikon mesin absensi dan ikut menempel pada perekat isolatip atau plakban tersebut. Jangan pernah mencoba untuk membersihkan dengan kertas tissue atau dengan cairan apa pun. Saya sudah coba lakukan dengan cara menempelkan isolatip atau plakban tetapi masih tidak berhasil juga (mungkin karena sudah terlalu kotor! hihihih) terus-menerus saya coba tetap tidak berhasil dan pada akhirnya saya coba menempelkan untuk seterusnya plakban (bening/transparan) tidak lagi ditarik ternyata silikon mesin absensi dapat membaca kembali sidik jari semua karyawan. Nah, bolehlah dicoba tips yang saya berikan ini, semoga dapat membantu semua orang yang punya masalah sama bila silikon mesin absensi sidik jari tidak bisa berfungsi baik.

cheers!